Selasa, 31 Agustus 2010

Multi Spark


Yang gemar ngebut n modifikasi banyak yang kenal ini barang. fungsinya buat meningkatkan pengapian suapaya gede.

Sebenarnya sih gak pingin beli. Waktu itu ditawarin. Mau nolak gak enak. Trus menawar dengan cara halus, pakai cara bisa dikredit gak. Eh ternyata boleh. Masih mo ngelak lagi dengan memperlama waktu kredit. Mau juga. Apa boleh buat.

Alat ini susah kalo dipasang di vitara yang injeksi jika tanpa pasang 2 koil. 1 Koil buat trigger/pemicu. Atau buat nipu elektronik kontrol unitnya (ECU). Untung koil asli masih ada.

Kabel + dan - dari koil asli (OEM) diparalel dengan kabel + (merah) dan - (putih) dari MSD. Selanjutnya yang dari MSD + (oranye) dan - (hitam) ke koil yang memang mau dipakai. Yang ujungnya menuju distributor. Koil asli ujungnya (dlm gambar yang di kanan dengan ujung biru) ditutup biar gak nyamber setrumnya.

Mudah-an bisa ketemu resistor pengganti koil OEMnya, supaya gak mumbazir listriknya. Oh ya kerugiannya adalah suara brisik ada dalam kabin yang ditimbulkan MSD akibat kerja dalam menghasilkan banyaknya percikan api (multiple spark)

MSD dipasang di bawah dekat pedal rem



Dual koil

Tidak ada komentar: