Rabu, 13 Juli 2022

Boot as roda

 

بِسْمِ اللّٰهِ

Gemuk (grease) belepotan di spakbor depan kiri karena boot as roda sobek dimakan usia. Sudah diberi lem yang super kuat dan ditambal dengan karet ban dalam. Bisa memang, tapi sobeknya pindah. Dan yang ketigakalinya tidak perlu tambal lagi. Wajib ganti, karena memang sudah wajar kalo ganti. Sudah lebih 25 tahun usianya. Kendaraan vitara.


Yang sobek hanya 1 yang di sisi roda atau bagian luar. Tapi karena mesti buka knuckle maka diganti semua. Sekalian repotnya. 

Untuk boot yang kemasan plastik, membeli di toko online. Harga 25k. Ada beberapa harga di toko online, mulai dari sekitar 16k hingga mendekati 100k. dipilih harga agak paling bawah. Dikawatirkan kalau paling murah materialnya tidak bagus. 

Kemasan kardus didapat di toko langganan dari rekomendasi penjualnya. harga lumayan mahal dibanding yang toko online. 70k. Tinggal mengujinya, mana dulu yang cepat aus. Toko langganan tidak menyediakan part aslinya karena harga yang cukup fantastis untuk sebuah boot. 875k. Di price list tertulis demikian. Yang didapat satu boot dan gemuk mungkin sekitar 100g.


Kalo perlu, mengganti seal dan bearing pada knuckle dan spindle. Juga memberi seal pada nap. Satu paket sekalian bongkar.




Ini langkah yang harus dilakukan untuk membongkar melepas as roda depan kiri Suzuki Vitara. Sebelumnya siapkan toolsnya bisa dilihat di sini. Palu jika diperlukan. Tambahan tools untuk buka ring snap dan baljointSiapkan pula bensin atau minyak tanah sekitar 1-2 liter untuk membersihkan gemuk lama.


Pertama yang harus dilakukan tentu mendongkarak, meletakkan stand jack dan melepas roda


Selanjutnya melepas kaliper cakram. Gantung dengan  kawat atau tali. Jangan digantung dengan selang pipa yang menahan kaliper.



Tarik cakram ke luar untuk melepasnya. Copot free lock dengan melepas enam bautnya 


Lepaskan spindlenya dengan melepas 4 baut.


Dilanjut ring mur dengan cara diketok dengan obeng - dan palu. Jika memilik alat khusus, lebih baik lagi. Ada tiga part di sini. Dari bagian dalam: ring penahan bearing. Ring mur. Ring pengunci tempat empat baut kecil.



Spindle sudah bisa ditarik dari nap untuk mengeluarkannya. Untuk bagian ini bisa juga dilihat Ganti Bearing. Buka snap ring untuk nanti melepas as roda. 


Diteruskan dengan membuka empat baut pengunci plat penutup cakram


Buka mur balljoint. Lepaskan.


Ini mengeluarkan baut balljoint dengan alat khusus.


Lepaskan mur baut bagian bawah baljoint knuckle. Juga yang di shock dan Keluarkan knuckle dari swing arm dengan menariknya. 


Nap Roda dilepas dulu dengan sedikit mencongkelnya, jika perlu, agar mudah membersihkan bagian dalam.


Shock bisa dilepas jika merepotkan. Di sini dilepas karena sekalian mengganti bootnya yang sudah ambyar.



Lepaskan tiga baut yang mengikat as roda pada as gardan



As roda siap dibongkar. Usahakn klem boot jangan sampai rusak. tapi kalo sudah beli, lain soal.



Dorong tutupnya yang dipangkal dengan cara mendorongkan as roda pada tutup. Agak keras jika perlu. Bersihkan gemuknya. Buka snap ringnya 



Sebelum ditarik keluar bola fleksibelnya atau apalah namanya, beri tanda, setidaknya mempermudah nanti pemasangan kembali.


Ini as roda kondisi terurai. Masukkan boot dan pasang kembali bagian perbagian. Jangan lupa untuk memberi gemuk. Pastikan kekencangan mur bautnya.












Tidak ada komentar: