Senin, 17 Oktober 2011
Bearing Roda Depan Jimny
Setir getar waktu jalan pada kecepatan tertentu, bisa jadi bearing sudah oblak. Cek dengan cara di dongkrak. pasang jack stand biar lebih aman. Pegang bagian atas dan bawah roda. Goyangkan. Kalo dirasa ada celah bisa dipastikan bearing kudu ganti. Tapi terlebih dahulu pastikan bagian lain tidak ikut goyang (tie rood, kingpin)
Setelah yakin, saatnya untuk membongkar buat mengganti. Persiapan yang diperlukan
Palu
Kunci shock ukuran 10, 12, 17, 50 dan pembuka roda
Kunci pas 12 buat tempat yg susah kalau pake kunci shock (buat buka rem)
Tang pembuka ring
Obeng -
Dongkrak dan jack stand/penyangga
Langkah pertama adalah membuka baut roda. jangn buru-buru didongkrak. Hanya dikendorkan saja. Torsi pengencangan 50lb.
Setelah itu, buka tutup freelock.
Lepaskan baut freelock dari as roda.
Buka ring pengunci dengan tang pembuka.
Dongkrak dan pasang jack stand. Lepaskan roda.
Langkah di atas berlaku bagi jimny 4x4 yang telah menggunakan freelock.
Bagi 4x2 setelah baut roda dikendorkan langsung ke tahap ini.
Ketok menggunakan obeng - untuk membuka plat pengunci mur.
Buka murnya dengan kunci shock 50. Untuk mengencangkan, torsi yang pertama 90lb dan berikutnya sebagai pengunci 40lb.
Lepaskan ringnya. Perhatikan urutannya. Jangan sampai tertukar ketika pasang kembali.
Lepaskan kaliper rem. Gunakan kunci shock 17. Kunci 12 untuk membuka kampas rem bila susah untuk memisahkan kaliper dari piringan rem. Kaliper rem Jangan digantung dengan menggunakan pipa hidrolisnya. Manfaatkan kawat atau tali buat menahannya.
Lepas piringan rem dengan menarik dari as dudukannya.
Tarik as roda. Ganti bearingnya di tukang bubut buat melepas dudukannya dengan cara di tekan. Jangan di pukul.
Jangan lupa ganti seal yang ada dibelakangnya. Bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan kunci shock 50.
Rangkai kembali dengan urutan terbalik.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar