Jumat, 20 Agustus 2010

Bongkar mesin


Karena udah waktunya ganti, maka diputuskan buat bongkar mesin jimny, biar kalo dipake mudik enak. Plus sekalian ganti transmisi. Bukan jadi otomatis tapi jadi 5 speed. Ternyata banyak juga ya biayanya walopun per part murah. Tetapi berhubung jumlah yang diganti banyak, yang sedikit jadi banyak juga. Total untuk bagian mesin sudah hampir mencapai 2 juta. Apa aja sih yang perlu diganti? Nih partnya yang kena ganti

Piston dan keluarganya (piston, pin, bosch dan ring)






Metal duduk dan jalan


Metal jalan jumlahnya ada 8 buah dan yang duduk ada 10. Letaknya dibagian bawah di batang/setang piston dan crank as (kruk as). Pemasangannya dijepit.

Packing set



Filter oli


Seal timing belt


Timing belt dan tensionernya, ini hanya foto tensionernya


Dekrup dan kopling, ini foto dekrup saja atau lebih dikenal dengan matahari



Outer bagian bawah. Tempat pipa air yang di bagian bawah. Barang ini imitasi. Bisa dilihat dari bagian yg tertutup. Yang asli ada lubang dibagian tersebut dan ditutup dengan karet yg diikat klem (clamp). Fungsinya untuk tempat sensor temperatur jika diperlukan untuk suhu rendahnya.


Barang2 tersebut di atas, harus ditebus sekitar 1,8jutaan

Tentunya masih ada lagi yaitu air radiator dan olie. Kalo ingin lebih baik lagi, ganti kabel busi dan businya juga. Biar lebih enteng tarikan mesinnya. Oh ya biaya jasa bongkar pasang mesin 1,5jt. Gak bisa dikerjakan sendiri, minimal butuh tenaga 2 orang.

Tidak ada komentar: